PLEIADES – Citra Resolusi Tinggi dari Eropa | Jual data citra Pleiades

Bagaikan Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo yang bersaing di dunia sepakbola, maka seperti itulah gambaran persaingan antara DigitalGlobe dengan GeoEye untuk menguasai pasar citra satelit resolusi tinggi. Dua perusahaan asal USA tersebut selama ini dikenal sebagai dua perusahaan yang menguasai pasar citra satelit resolusi tinggi melalui produk-produknya yang saat ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti QuickBird, WorldView-1, dan WorldView-2 (DigitalGlobe), serta Ikonos dan GeoEye-1 miliknya GeoEye. Namun apa jadinya jika dua perusahaan yang awalnya saling bersaing tersebut sekarang setuju untuk melakukan merger?, bisa dipastikan perusahaan hasil merger tersebut akan memonopoli pasar citra satelit resolusi tinggi. Kesepakatan antara DigitalGlobe untuk melakukan merger dengan GeoEye terjadi sekitar 6 bulan yang lalu, tepatnya tanggal 23 Juli 2012, dimana nama perusahaan hasil merger akan tetap menggunakan nama DigitalGlobe. Kepastian merger itu sendiri sudah didapatkan setelah Departemen Kehakiman USA memberikan pengesahannya pada tanggal 9 Januari 2013 yang lalu.

Usaha monopoli pasar citra satelit resolusi tinggi oleh pihak DigitalGlobe setelah merger ini, akan mendapat tantangan dari perusahaan dari benua Eropa Astrium (anak perusahaan dari EADS – European Aeronautic Defence and Space Company N. V.) dengan satelit Pleiades-nya. Pleiades merupakan satelit penghasil citra resolusi tinggi dengan resolusi spasial 50 cm (untuk citra pankromatik) serta 2 meter (untuk citra multispektral), dan mencakup 4 band (band merah, hijau, biru, dan inframerah dekat). Saat ini satelit Pleiades sudah memasuki generasi keduanya, dimana satelit Pleiades 1B telah diluncurkan pada tanggal 2 Desember 2012 yang lalu, menyusul satelit Pleiades 1A yang diluncurkan setahun sebelumnya (tepatnya tanggal 17 Desember 2012).

Satelit Pleaides – 1A. Sumber :http://www.gogeo.ac.uk/img//logos/Pleiades.png

Kedua satelit yang diluncurkan menggunakan roket asal Rusia – Soyuz STA di Guiana Space Center (Kourou – French Guiana) tersebut, akan berada di phase orbit yang sama, dimana nantinya akan bersama-sama juga dengan satelit SPOT 6 dan SPOT 7 yang akan diluncurkan tahun ini.

Galeri Citra Satelit Pleiades

Kita tunggu saja, apakah Astrium dengan satelit Pleiades-nya ini mampu mematahkan dominasi DigitalGlobe di pasar citra satelit resolusi tinggi.

(Sumber Data dari :http://citrasatelit.wordpress.com/2013/01/28/537/)

This entry was posted by Muhammad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: