ALOS | Prism, AVNIR, & Palsar

 

ALOS ( Advanced Land Observing Satellite), yang diluncurkan oleh Japan Aerospace Exploration Agency pada Januari 2006. Nama Jepangnya adalah “Daichi”.

Dimensi Daichi adalah 3.5m lebar x 4.5m panjang x 6.5m tinggi, dengan Surya Paddle Baterai adalah 22m x 3m lebar, berat kotor adalah sekitar 4 ton, yang merupakan salah satu yang terbesar di antara Land Observing Satelit.

Spesifikasi Utama ALOS

Operational Period January 24, 2006 (Launched) – May 12, 2011
Available Data Period May 16, 2006 – April 22, 2011
Launching Vehicle H – IIA
Launch Site Tanegashima Space Center, Japan
Spacecraft Mass Approx. 4 tons
Generated Power (Solar paddle) Approx. 7kw (at End Of Life)
Designed EOL 3-5 years
Orbit Sun Synchronous, Sub recurrent
Repeat Cycle: 46 days
Sub-Cycle : 2 days
Altitude : 691.65km (Above the equator)
Inclination : 98.16 deg.
Attitude Determination Accuracy 2.0 x 10-4 deg. (off-line, with GCP)
Position Determination Accuracy 1m (off-line)
Data Rate 240Mbps (Via Data Relay Test Satellite)
120Mbps (Direct Transmission)
On-board Data Recorder Solid-state Data Recorder (90Gbytes)
Konsep Umum “3 Sensor”

ALOS memiliki tiga instrumen penginderaan jauh, PRISM adalah radiometer pankromatik dengan resolusi tinggi untuk mendapatkan data terrain termasuk ketinggian. AVNIR-2 adalah radiometer terlihat dan dekat-inframerah untuk mengamati zona tanah dan pesisir dan memberikan resolusi spasial yang lebih baik. PALSAR adalah array bertahap jenis L-band Synthetic Aperture Radar, sebuah sensor microwave aktif untuk bebas awan dan untuk observasi malam.

Sensor Resolusi / petak spasial Lebar Karakteristik Pemanfaatan
PRISM
Spatial Resolution : 2.5m
Swath Width : 35km(Triplet mode)
70km(Nadir Only)
Memiliki tiga sistem optik untuk melihat nadir, forward dan backward menghasilkan gambar stereoscopic sepanjanglintasan satelit. Kartografi, membuat DSM untuk pemetaan, perencanaan kota, pertanian, pemantauan hutan, monitorig pesisir, pemantauan dumping, pemantauan banjir ilegal dll
AVNIR-2
Spatial Resolution : 10m
Swath Width : 70km
Advanced Visible dan Near Infrared Radiometer tipe 2 (AVNIR-2) adalah inframerah dekat radiometer untuk mengamati zona tanah dan pesisir. Menyediakan data spasial yang lebih baik mengenai cakupan lahan, perencanaan kota, pertanian ( penelitian vegetasi), pemantauan hutan, pemantauan pesisir, pemantauan pencemaran di pelabuhan dan dermaga, pemantauan tanaman, pemantauan banjir dll
PALSAR
Spatial Resolution : 10m(fine resolution mode)
100m(Scan Sar mode)Observation Swath : 70km(fine mode)
250-350km(Scan SAR)
The Phased Array Type L-band Synthetic Aperture Radar (PALSAR) merupakan sensor gelombang mikro aktif menggunakan frekuensi L-band, yang dapat mengamati dengan resolusi baik dalam mode konvensional. Hal ini memungkinkan untuk membuat DEM, mengambil data topografi oleh interferometri, biomassa perkiraan, pemantauan hutan, pertanian, pemantauan tumpahan minyak, kelembaban tanah, pengiriman inspeksi dll

Misi Utama ALOS

Misi utama dari ALOS mencakup kartografi, observasi daerah, pemantauan bencana dan survei sumber daya. Sebagai contoh studi eksplorasi, JAXA menetapkan 12 kategori sebagai “kategori utama penelitian”.  Yaitu, “Penggunaan lahan dan Penelitian Tutupan Lahan”, “Pencegahan Bencana dan Pemantauan Bencana”, “Tanah dan Sumber Daya Mineral”, “Sumber Daya Hayati”, “Oceanography”, “Pertanian” dan sebagainya, dan untuk mempromosikan studi yang mendorong untuk menggunakan data satelit.

■ Kartografi
ALOS dapat mengelola pemetaan serta memperbarui peta Jepang dan di seluruh negara-negara lain terutama di kawasan Asia-Pasifik. Menggunakan ALOS PRISM memungkinkan untuk memperoleh berbagai jenis data, yang berkisar dari komponen buatan seperti jalan dan konstruksi, area target sungai dan daerah air, dan topografi Data DEM. Dengan ALOS data, pemetaan yang lebih rinci dicapai sebagai PRISM juga dapat menyajikan informasi tentang vegetasi dan tanah dengan menambahkan sensor optik dan synthetic aperture radar data DEM.■ Pengamatan Daerah
ALOS melakukan pengamatan daerah penting untuk mempertahankan “Pembangunan Berkelanjutan” pada skala dunia. Menyediakan informasi mengenai lingkungan dan sumber daya dengan mengekstraksi data yang diambil oleh satelit tersebut, ALOS mendukung pelestarian dan pemeliharaan lingkungan dan sumber daya, dan mendorong pembangunan berkelanjutan dan pemanfaatan di tingkat regional.

■ Pemantauan Bencana
ALOS dapat melakukan pemantauan bencana atas Jepang dan di seluruh dunia. Berkolaborasi dengan Satelit yang ada dan sistem pemantauan bencana, ALOS mengumpulkan dan menyediakan data mengenai bencana besar seperti letusan gunung berapi, banjir, dan gempa bumi.

■ survei Sumberdaya
ALOS dapat survei sumber daya alam dengan PALSAR.

■ Lainnya
ALOS memberikan kontribusi untuk pengembangan teknologi yang diperlukan untuk observasi bumi masa depan.

(Sumber: http://www.alos-restec.jp)

Untuk informasi mengenai ketersediaan data ALOS, harga ALOS, dan lainnya, silakan menghubungi:

Muhammad Wastono Abu Abdillah
Hp : +6281809401869 / 081314697608

atau
E-mail : wastono_86@yahoo.com

 

This entry was posted by Muhammad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: