Foto Citra Satelit IKONOS | Jual IKONOS

A.  Pendahuluan

Satelit IKONOS adalah satelit resolusi tinggi yang dioperasikan oleh GeoEyeberasal dari bawah Lockheed Martin Corporation sebagai Commercial Remote Sensing System (CRSS) satelit. Pada April 1994Lockheed diberi salah satu lisensi dari US Department of Commerce untuk satelitkomersial citra resolusi tinggi. Pada tanggal 25 Oktober 1995 perusahaan mitraSpace Imaging menerima lisensi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC) untukmengirimkan telemetri dari satelit di Bumi delapan-gigahertz band ExplorationSatellite Service. Sebelum memulai, Space Imaging mengubah nama untuk satelitIKONOS. IKONOS berasal dari bahasa Yunani yang berarti “gambar”.

Pada awalnya dua satelit direncanakan untukoperasi. Peluncuran IKONOS-1 pada tahun 1999 gagal ketika payload hadiah dariAthena roket, gagal untuk memisahkan dan mencegah satelit mencapai orbit. Lalu,IKONOS-2 yang semula direncanakan untuk diluncurkan pada 2000, berhasildiluncurkan pada 24 September 1999 dari Space Launch Complex 6 (SLC-6) diVandenberg Air Force Base di California. Sensor pencitraan panchromatic danmultispectral. Satelit ini memiliki kutub, lingkaran, matahari-sinkron 681-km orbitdan keduanya sensor memiliki petak lebar 11 km. Beratnya adalah 1600 pound (720kg).

Pada November 2000 Lockheed Martin menerima”Best of What’s New” Grand Award dalam kategori Penerbangan &Ruang Angkasa dari majalah Popular Science. Space Imaging diakuisisi olehORBIMAGE pada bulan September 2005. Perusahaan ini kemudian diganti namanya menjadi GeoEye.

Kemampuannya yang terliput adalah mencitrakandengan resolusi multispektral 3,2 meter dan inframerah dekat (0,82mm) pankromatik.Aplikasinya untuk pemetaan sumberdaya alam daerah pedalaman dan perkotaan,analisis bencana alam, kehutanan, pertanian, pertambangan, teknik konstruksi,pemetaan perpajakan, dan deteksi perubahan. IKONOS yang mampu menyediakan datayang relevan untuk studi lingkungan serta pandangan udara dan foto satelituntuk banyak tempat di seluruh dunia mulai dijual pada tanggal 1 Januari 2000.

IKONOS adalah 3-sumbu spacecraft distabilkan olehLockheed Martin. Desain kemudian dikenal sebagai sistem bus satelit LM900.Sikap satelit diukur oleh dua bintang pelacak dan matahari sensor dandikendalikan oleh reaksi empat roda; pengetahuan lokasi disediakan olehpenerima GPS. Desain kehidupan adalah 7 tahun; S / C ukuran tubuh = 1,83 mx1,57 m (heksagonal konfigurasi); S / C massa = 817 kg; daya = 1,5 kW yangdisediakan oleh 3 panel surya.

Pesawat ruang angkasa yang LM900 adalah stabiltiga-sumbu bus yang dirancang untuk membawa muatan ilmiah di LEOs. Memberikanpresisi menunjuk pada ultra stabil sangat tangkas platform. Payloads untukberbagai ilmiah dan aplikasi penginderaan jarak jauh dapat ditampung termasuksensor laser, pencitra, sensor radar, elektro-optik dan astronomi sensor, sertasensor planet. Bus saham yang LM900 warisan hardware dengan Iridium, yangmerupakan dasar untuk LM700 bus.

Resolusi nya merupakan radiometrik, berarti dataIKONOS dikumpulkan sebagai 11 bit per pixel (2048 warna abu-abu), sehingga adalebih banyak definisi dalam nilai-nilai skala abu-abu dan sebagai pemirsa Andadapat melihat lebih detail dalam foto. Dalam rangka memperoleh manfaat dariinformasi tambahan ini, Anda akan memerlukan perangkat lunak pengolah gambarspesialis.

Ketika perang Irak berlangsung, fasilitas Irakyang menjadi target militer Amerika Serikat sering muncul di media massamelalui rekaman satelit IKONOS. IKONOS memang punya resolusi spasial sangattinggi, 1 meter untuk pankromatik dan 4 meter untuk multispektral, sehinggahasilnya amat jelas. Tahun 1992 Kongres AS meloloskan Undang-UndangPenginderaan Jauh Daratan (USLand Remote Sensing Act).Undang-undang ini menyebutkan industri inderaja satelit komersial sangatpenting bagi kesejahteraan rakyat AS serta mengizinkan perusahaan-perusahaanswasta mengembangkan, memiliki, mengoperasikan serta menjual data yangdihasilkan (Danoedoro, 2004) Dua tahun sesudahnya, lisensi diberikan pada Space Imaging,  EarthWatch, dan OrbImage, yang kemudian merancang sistem dengan resolusi spasial 4 meter untukmoda multispektral dan 1 meter untuk moda pankromatik. Satu lisensi lagidiberikan pada West  Indian Space-perusahaanpatungan ASIsrael – untuk merancang sistem pencitraan dengan resolusi sedikitlebih rendah, 1,8 meter.

Dari keempat perusahaan, Space  Imaging yang paling cepat meluncurkan satelitIKONOS serta memasarkan datanya. Namun, IKONOS-1 gagal diluncurkan dandigantikan IKONOS-2, 1999. Kelahiran satelit inderaja resolusi tinggi (lebihhalus dari 10 meter) untuk keperluan sipil sebenarnya dipicu oleh kebijakanpasca perang dingin, bukan teknologi. Bisa dikatakan teknologi militer awaltahun 1970-an sudah memungkinkan pencitraan dengan resolusi spasial kurang dari10 meter. Kegagalan serupa dialami EarlyBird yang diluncurkan EarthWatch.Sedang OrbImage dan West Space Imaging masing-masing meluncurkan satelitOrbview dan EROS. Sejak diluncurkan pada September 1999, Citra Satelit BumiSpace Imaging.s IKONOS menyediakan data citra yang akurat, dimana menjadistandar untuk produk-produk data satelit komersoal yang beresolusi tinggi.IKONOS memproduksi citra 1-meter hitam dan putih (pankromatik) dan citra4-meter multispektral (red, blue, green dan near-infrared) yang dapatdikombinasikan dengan berbagai cara untuk mengakomodasikan secara luas aplikasicitra beresolusi tinggi (Space Imaging, 2004).

Diluncurkan pada September 1999, IKONOS dimilikidan dioperasikan oleh Space Imaging. Disamping mempunyai kemampuan merekamcitra multispetral pada resolusi 4 meter, IKONOS dapat juga merekam obyek-obyeksekecil satu meter pada hitam dan putih. Dengan kombinasi sifat-sifat multispektralpada citra 4-meter dengan detail-detail data pada 1-meter, Citra IKONOSdiproses untuk menghasilkan 1-meter produk-produk berwarna IKONOS adalahsatelit komersial beresolusi tinggi pertama yang ditempatkan di ruang angkasa.IKONOS dimiliki oleh Sapce Imaging, sebuah perusahaan Observasi Bumi AmerikaSerikat. Satelit komersial beresolusi tinggi lainnya yang diketahui: Orbview-3(OrbImage), Quickbird (EarthWatch) dan EROS-A1 (West Indian Space). IKONOSdiluncurkan pada September 1999 dan pengumpulan data secara regular dilakukansejak Maret 2000.

Sensor OSA pada satelit didasarkan pada prinsippushbroom dan dapat secara simultan mengambil citra pankromatik danmultispektral. IKONOS mengirimkan resolusi spasial tertinggi sejauh yangdicapai oleh sebuah satelit sipil. Bagian dari resolusi spasial yang tinggijuga mempunyai resolusi radiometrik tinggi menggunakan 11-bit (Space Imaging,2004).

Banyak aplikasi untuk data IKONOS yang dapatdiketahui. Pemilik berharap bahawa penggunaan lapanagn dapat dibayar untukharga data komersial. Diharapan bahwa, pada masa mendatang, 50% data foto udaraakan digantikan oleh citra beresolusi tinggi dari angkasa (camera pesawatdigital akan banyak menggantikan foto udara yang masih ada). Misi pertamaIKONOS akan mendapatkan citra seluruh kota-kota utama Amerika Serikat. Sampaisaat ini, pemetaan dan monitoring eral perkotaan dari angkasa (tidak hanya diAmerika) hanya mungkin pada skala terbatas.

Data IKONOS dapat digunakan untuk pemetaantopografi dari skala kecil hingga menengah, tidak hanya menghasilkan peta baru,tetapi juga memperbaharui peta topografi yang sudah ada. Penggunaan potensiallain IKONOS adalah .precision agriculture.; hal ini digambarkan pada pengaturanband multispektral, dimana mencakup band infra merah dekat (near-infrared). Pembaharuandari situasi lapangan dapat membantu petani untuk mengoptimalkan penggunaanpupuk dan herbisida. Penggunaan pada poduk .gambar. dapat dilihat pada sektorbisnis, media dan pariwisata (Janssen dan Hurneeman, 2001).

B. Spesifikasi Satelit IKONOS

Berikut ini beberapa spesifikasi satelit IKONOS:

INFORMASI PELUNCURAN 

Organisasi : GeoEye

Tanggal Peluncuran : 24 September 1999

Peluncuran Kendaraan : LM900

Peluncuran Situs/Lokasi : Vandenberg Air Force Base, California, USA

PETAK AREA UKURAN LEBAR DAN LUAS 

Petak : 11 km x 11 km (single scene)

ORBIT 

Orbit : 98.1 derajat, sun synchronous

Kecepatan pada Orbit : 7.5 km/detik

Kecepatan diatas bumi : 6.8 km/detik

Kecepatan mengelilingi Bumi : 14.7 kali tiap 24 jam

Ketinggian : 681 kilometer

Masa Operasi : 7 tahun lebih

RESOLUSI 

Resolusi pada Nadir : 0,82 meter (panchromatic)

3,2 meter (multispectral )

Resolusi 26° Off-Nadir : 1,0 meter (panchromatic)

4,0 meter (multispectral)

Cakupan Citra : 11,3 kilometer pada nadir

13,8 kilometer pada 26° off-nadir

Waktu Melintas Ekuator : Nominal 10:30 AM waktu matahari

Waktu Lintas Ulang : Sekitar 3 hari pada 40 ° garis lintang

Saluran Citra : Panchromatic, blue, green, red, near IR

Dynamic Range : 11-bit per pixel

KOMUNIKASI 

Pelacak dan Kontrol : 8345.968-8346.032 MHz band (downlink)

2025-2110 MHz (uplink).

Pembawa Data Downlink : 8025-8345 MHz

(Sumber: http://haqky.webs.com/apps/blog/show/3691694)

Berikut contoh citra satelit IKONOS area Tual.

Tual_IKONOS5 Tual_IKONOS1 Tual_IKONOS2 Tual_IKONOS3 Tual_IKONOS4

This entry was posted by Muhammad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: